Tuntunan Contoh Tidur Rasulullah

Posted by Ummu Nailah on

Tata cara adab contoh tuntunan yang baik dan sehat berdasarkan tuntunan Rasulullah SAW perlu diketahui oleh kita selaku umat Islam. Karena memang tidur adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi tubuh dan jiwa kita, sekaligus merupakan nikmat dari Allah SWT yang tidak ternilai.

Adab dan bagaimana tidur Rasulullah SAW perlu kita ketahui secara bersama. Karena memang banyak hikmah bila kita mencontoh bagaimana cara tidur menurut sunnah Nabi Rasulullah SAW itu sendiri. Karena dalam segala hal yang ada dalam diri Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah merupakan tauladan bagi kita semuanya selaku umatnya.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah ayat Al-Qur'an yang artinya :

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al Ahzab : 21).

Termasuk dalam hal Rasulullah Muhammad saw telah banyak memberikan contoh bagaimana tata cara tidur yang baik menurut islam itu sendiri.

Cara Tidur Sunnah Nabi

Tidur adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi tubuh dan jiwa kita, sekaligus merupakan nikmat dari Allah SWT yang tidak ternilai. Sayangnya tidak semua orang mengerti bagaimana cara tidur yang berkualitas tinggi seperti halnya Rasulullah Muhammad SAW. Karena memang dalam tidur adau istirahat mempunyai begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat tidur bagi kesehatan bila dilakukan dengan benar dalam hal kualitas dan kuantitasnya akan memberikan efek yang positif bagi kesehatan baik itu secara fisik dan mental. Termasuk dalam kesehatan jantung, berat tubuh, kondisi mental, serta bermanfaat pula bagi kecantikan.

Cara Tips Kiat Tidur Yang Baik Menurut Rasulullah


Tidur menjadi sesuatu yang esensi dalam kehidupan kita. Karena dengan tidur, kita menjadi segar kembali. Tubuh yang lelah, urat-urat yang mengerut, dan otot-otot yang dipakai beraktivitas seharian, bisa meremaja lagi dengan melakukan tidur.

Berikut beberapa adab sunnah sebelum dan sesudah tidur antara lain adalah sebagai berikut :

Berwudhu Sebelum Tidur

Mengambil Wudhu sebelum tidur merupakan Sunnah Nabi Muhammad Saw yg dilakukan oleh beliau sebelum beranjak ke tempat tidur, hal tersebut dilakukan karena kita tidak tahu kalau kita masih hidup untuk membuka mata pada esok harinya dan kita hanya berjaga – jaga saja kalau kita meninggal kita dalam keadaan yang suci (dalam kondisi masig berwudhu). Adapun cara berwudlu sebelum tidur masih sama dengan tata cara berwudlu sebelum mengerjakan sholat.

Membaca Doa Sebelum Tidur

Sunnah Nabi Muhammad Saw Berdoa Sebelum Tidur mungkin sudah banyak dilakukan oleh para muslim di tanah air, manfaat dari doa sebelum tidur sendiri untuk melindungi kita dari segala macam godaan – godaan setan yg terkutuk sehingga kita terhindar dari mimpi buruk yang dapat mempengaruhi khualitas tidur kita

Posisi Tidur berbaring Miring Ke Arah Kanan

Rasulullah Muhammad SAW bersabda yang artinya :
"Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu"(HR Bukhari Muslim).

Perintah anjuran untuk berbaring tidur di atas rusuk sebelah kanan ini memberikan efek medis yang sangat menakjubkan. New York Times pernah memuat jurnal penelitian dari American College of Cardiologi yang menerangkan bahwa posisi tidur miring ke arah kanan dapat menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan lambung dan banyak organ lainnya.

Posisi tidur ke arah kanan menyebabkan banyak organ-organ penting tubuh tidak tertindih oleh organ lainnya. Hal inilah yang menyebabkan posisi tidur miring ke arah kanan menjadi solusi tepat bagi kesehatan.

Tidur di Awal Malam dan Bangun di Akhir Malam

“Beliau saw tidur di awal malam dan menghidupkan akhir malam.” (Mutafaq ’Alaih)

Tidur yang berkualitas di malam hari merupakan upaya optimalisasi dalam detoksifikasi untuk menetralisir toksin yang mengontaminasi tubuh. Detoksifikasi tubuh, terjadi terutama pada hati, tercapai optimal saat tidur. Mekanisme tersebut berkaitan erat dengan diproduksinya antioksidan sebagai penetral toksin.

Pada posisi tidur badan tubuh yang berkualitas, detoksifikasi hati dapat berjalan optimal, khususnya dalam pembentukan asam amino glutathione sebagai antioksidan yang menetralisasi stres oksidatif dan radikal bebas.

Cara Tips Kiat Tidur Yang Baik Menurut Rasulullah

Tidak Tidur Dengan Posisi Telungkup Tengkurap

Suatu ketika, Rasulullah SAW pernah menjumpai seorang laki-laki yang tidur dalam posisi telungkup di dalam masjid. Rasulullah SAW bersabda: yang artinya :
"Bangkitlah engkau, atau duduklah, sesungguhnya tidurmu itu adalah tidur dalam neraka Jahanam."(HR. Ibnu Majah).
Dari hadist tersebut kita dapat pahami bahwa Nabi SAW melarang orang tidur dengan posisi telungkup. Larangan ini memang tidak dijelaskan oleh Nabi SAW dari segi kesehatan. Namun kajian ilmu kesehatan modern mengungkap bahwa tidur dengan posisi telungkup sangat berbahaya bagi kinerja jantung dan otak.

Hal ini terkait dengan asupan oksigen yang berkurang drastis pada kedua organ tersebut, jika kita memilih posisi tidur telungkup. Tentu saja hal ini sangat beresiko karena kedua organ tersebut adalah organ yang sangat vital untuk keberlangsungan hidup tubuh manusia.

Di samping itu, kebiasaan tidur telungkup dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Posisi tidur telungkup menyebabkan berat badan seseorang bertumpu pada satu titik yakni menekan ke arah dada sehingga paru-paru akan susah berkontraksi dan berelaksasi.

Dr. Zafir Al Attar (peneliti asal Australia) mengungkap bahwa anak-anak yang tidur telungkup mengalami resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan posisi menyamping. Hal ini terkait dengan jumlah asupan oksigen pada organ-organ vital seperti yang telah dibahas di atas.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar